Saturday 29 March 2014

Source Code SMS Gateway dengan Visual Basic dan Gammu

Untuk membuat program aplikasi SMS Gateway dengan Visual Basic, maka driver SMS Gateway yang dapat Anda gunakan adalah Gammu. Gammu adalah software SMS Gateway yang dapat dipakai di Windows, juga ada vesi yang dukungannya untuk Linux.

Gammu SMS Gateway bisa Kita pakai tanpa harus membayar Lisensi, atau dikenal dengan Freeware. Berbentuk driver, jadi dapat diinstal di Komputer atau Laptop, kemudian Kita hubungkan Modem GSM ke Komputer, lalu lakukan pengaturan pada servis Gammu-nya.

Setelah Modem GSM terkoneksi dengan Gammu SMS Gateway, maka semua SMS yang masuk ke Nomor Handphone yang diletakkan di Modem GSM tadi akan diterima dan datanya disimpan di dalam tabel INBOX.

Setiap kali Anda mengirim SMS dari fasilitas Gammu, maka SMS tersebut akan disimpan dalam tabel OUTBOX, lalu diteruskan ke Nomor tujuan lewat Modem GSM yang terpasang di Komputer / Laptop.

Jadi, Gammu memiliki database untuk mengelola SMS Masuk dan SMS Keluar, yaitu INBOX dan OUTBOX.

Untuk dapat mengirim SMS ke nomor HP lain, maka Anda cukup mengisi pesan SMS ke dalam tabel OUTBOX. Sedangkan untuk melihat SMS masuk yang dikirim dari HP luar ke Modem GSM, Anda dapat membuka tabel INBOX. Semuanya dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan fasilitas phpMyAdmin.

Untuk memudahkan dalam mengelola SMS, maka Kita dapat membuat aplikasi sendiri, salah satunya dapat dibuat dengan Software Visual Basic 6 (VB). Deinga software VB, Kita dapat mengelola SMS Masuk dan dapat mengirim SMS dari form program, sehingga lebih mudah.

Jika Anda membutuhkan contoh, Anda dapat membeli Source Code SMS Gateway dengan Visual Basic dan Gammu yang dikembangkan oleh tim Bunafit Komputer, dapat diakses pada alamat website http://www.bunafitkomputer.com.

Bunafit Komputer menjual beraneka Source Code program yang semuanya disertai Source code, sehingga dapat Anda kembangkan lagi untuk kebutuhan yang lebih serius.

Semoga bermanfaat

Salam Sukses

1 comment:

  1. masa beli-beli seh...kapan lagi mengembangkan indonesia ini menjadi pintar....?

    ReplyDelete